Tuesday, November 27, 2007

Penemu Obat Kanker dari Klorofil


Penemu Obat Kanker dari Klorofil

Leenawaty Limantara, PhD [Pembaruan/Yumeldasari Chaniago]

Dunia tumbuh-tumbuhan mampu menaklukkan hati Leenawaty Limantara PhD. Kecintaannya kepada dunia tumbuhan tak main-main. Seusai menyelesaikan kuliah di Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, ia pun memutuskan melanjutkan studi ke bidang kimia di Universitas Kwansei Gakuin, Jepang, hanya untuk mendalami penelitian terhadap proses kimia dari fotosintesis pada tumbuhan. Karena pada saat meneliti proses fotosintesis itu ia jatuh cinta kepada klorofil atau zat hijau daun, sebagai salah satu molekul yang paling berperan dalam proses tersebut.

"Sejak saat itu saya bertekad harus mengetahui unsur kimia dari klorofil. Makanya saya putuskan untuk pindah bidang studi," ia menjelaskan.

Penelitiannya terhadap kandungan klorofil pada algae (ganggang) dan bakteri telah dimulai sejak 1991. Tapi, ketika itu yang ia teliti baru sebatas penelitian dasar mengenai klorofil. Saat itu ia baru mengetahui bahwa molekul klorofil baru bisa berfungsi apabila berada pada suatu tahapan yang disebut tereksitasi dan tahapan teroksidasi.

"Pada saat itu penelitian-penelitian di tingkat dunia telah berhasil menemukan spektrum dari molekul klorofil pada saat ia tereksitasi. Tapi untuk menjawab atau menentukan spektrum itu, atau berbicara mengenai seperti apa tingkah laku atau bagaimana molekul ini bergerak, masih belum bisa dilakukan. Sehingga penentuan empiris mengenai klorofil, khususnya bakterioklorofil pada saat itu tidak bisa dilakukan. Nah, itulah yang memicu saya untuk memulai penelitian ini," ujarnya.

Penelitian Dasar

Pada penelitiannya lebih lanjut yang memakan waktu tahunan, akhirnya Leenawaty pun menemukan bahwa jika atom-atom yang merupakan bagian dari penyusun klorofil tersebut diberi label atau tanda, ia akan dapat mengetahui perilaku molekul pada tahap tereksitasi. Dengan diketahuinya perilaku molekul pada saat tereksitasi, katanya, akan membuka pemahaman lebih dalam mengenai mekanisme klorofil dalam menyerap cahaya di dalam mentransfer energi, dan membuka peluang kepada berkembangnya ilmu-ilmu yang lain. "Jadi penelitian dasar itu sangat penting untuk mendukung ke penelitian terapan," ia menegaskan.

Tak cukup sampai di situ, Leenawaty pun melanjutkan penelitiannya, dengan menggunakan bakteri yang tidak mengandung karotenoid. Bakteri yang manja dan sangat labil itu juga berhasil diisolasi sehingga membentuk spesies radikal kation pada antena penangkap cahaya.

Penemuan itu memungkinkan para pakar fotosintesis mendapatkan pemahaman lengkap mengenai fungsi fisiologis bakterioklorofil. Dewasa ini dengan penemuan-penemuannya itu, ia telah berhasil mengembangkan risetnya dan menemukan obat yang bisa membunuh sel kanker dengan cara kerja mirip proses fotosintesis daun.

"Saya tidak mau bilang kalau klorofil merupakan obat bagi penderita kanker atau tumor. Hanya saya bisa katakan bahwa klorofil bisa digunakan sebagai obat fotosensitizer, yaitu klorofil potensial untuk mengendalikan kanker. Tapi, sekali lagi saya katakan, yang mengendalikan itu bukan klorofil melainkan fotosensitizernya," katanya.

Meski demikian, kata dia, sejumlah jurnal ilmiah di dunia internasional telah memuat manfaat klorofil sebagai suplemen atau minuman kesehatan. Dan, terbukti telah menyembuhkan beberapa penderita kanker paru-paru, mata, saluran pencernaan, mulut, dan lain-lain.

"Bukti bahwa klorofil telah berhasil menyembuhkan kanker-kanker itu telah dimuat di sejumlah jurnal ilmiah. Tapi saya tidak mau menyebut kalau klorofil adalah obat segala jenis kanker," ia mengimbuhkan.

Berdasarkan hasil penemuannya itu, ia pun berencana akan memproduksi makanan atau minuman suplemen bagi kesehatan yang mengandung klorofil. "Karena zat hijau daun bisa diproduksi ke dalam bentuk tablet, minuman, injeksi, salep, atau lain-lain. Kalau nanti saya sudah menciptakan minuman kesehatan dari klorofil, pasti akan saya patenkan," ujarnya.

Kembali Meneliti

Leenawaty, kelahiran Teluk Betung, Lampung, 24 Juni 1965, adalah satu di antara ilmuwan, termasuk guru, yang memperoleh penghargaan Indonesia Toray Science Foundation pada penggal awal Februari lalu. Berkat karyanya, Photochemistry and Photobiology of Bacterio (Chlorophyll) and Derivatives in Various Electronic States: From Basic to Its Application, ia memperoleh hadiah uang Rp 60.000.000.

Leenawaty yang sehari-hari bisa dijumpai di Magister Biologi Universitas Kristen Satya Wacana itu, mengaku belum akan mewujudkan keinginan untuk memproduksi minuman kesehatan tersebut dalam waktu dekat ini. Saat ini ia tengah berkonsentrasi untuk kembali meneliti fotodegradasi dari bakterioklorofil dan turunannya.

Hanya, untuk melakukan penelitian itu ia membutuhkan alat kromatografi cair kinerja tinggi yang agak modern. Dan untuk membelinya harganya cukup mahal, mencapai Rp 280 juta.

Ia pun berharap ada yang membantunya untuk memiliki alat tersebut. Ia mencontohkan para profesornya di Jepang mengirimkan peralatan penelitian ke laboratoriumnya di Salatiga. "Meskipun memerlukan beberapa perbaikan, tapi masih bisa digunakan," ujarnya. [Pembaruan/Yumeldasari Chaniago]

1 comment:

Unknown said...

Perlu kita ketahui semua bahwa produk Liquid chlorophyll dari K-Link tidak mengandung Chlorophyll yang murni. Hal ini bisa diuji spektrumnya. Demikian ingredients bisa kita baca bahwa ada banyak kandungan yang tak berguna dalam klorofil produk K-link itu. Metode pemurnian klorofil yang dipakai oleh K-link juga tidak dapat dibenarkan karena dalam pemurniannya menggunakan sejenis larutan aseton (: yang dipakai untuk pembersih cat kuku), ini sangat merugikan tubuh terutama dampak langsung bagi kinerja ginjal kita. Perlu kita ketahui bersama bahwa menurut Dr. Leenawaty Limantara, M. Sc di dunia ini bahkan yang sudah direkomendasikan badan POM-RI masuk ke Indonesia sudah ada 103 produk Chlorophyll. Ada yang berbentuk kapsul, tablet dan liquid. Yang terbaik adalah liquid karena mudah diserap dalam tubuh manusia, sedang yang berbentuk padat baik kapsul maupun tablet 65% akan terbuang bersama feses (BAB) manusia. Lagi, perlu kita ketahui bersama secara jujur menurut sumber yang dapat dipercaya bahwa Liquid Chlorophyll yang diproduksi dan dijual K-Link pernah ditolak oleh Dr. Leenawaty Limantara, M. Sc ketika beliau ditawari oleh K-Link untuk dikonsumsi oleh beliau sendiri. Hal ini karena Dr. Leenawaty Limantara M. Sc sebagai pakar yang telah meneliti klorofil selama 15 tahun tahu betul kualitas klorofil yang diproduksi K-Link itu tidak murni. Justru ketika seorang ibu rumah tangga bernama ibu Yuyun Fandayanti yang begitu sederhana menawarkan Liquid Chlorophyll yang diproduksi Nature's Sunshine - Synergy World Wide pada April 2004, Dr. Leenawaty Limantara, M. Sc sangat senang sekali karena beliau baru tahu bahwa klorofil tersebut sudah direkomendasi POM untuk dikonsumsi dan dijual di Indonesia. Beliau mengatakan bahwa di Indonesia hanya klorofil dari Synergy Worldwide inilah yang terbaik dan layak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Terutama bagi penderita kanker, gagal ginjal dan demam berdarah seperti yang Dr. Leenawaty Limantara, M. Sc tulis dalam berbagai media cetak dan elektronik serta yang beliau teliti dalam kurun waktu 15 tahun terakhir ini.